Header Ads

Komputer Mu Terserang Virus

Keanapa sih harus ada virus, dan bagaimana cara menanganinya......???

VIRUS! Ahhh..menyebalkan!! Mengapa "mereka" tidak membiarkan kita hidup dengan tenang. Mengapa "mereka" tidak memanfaatkan "kelebihan" yang diberikan Tuhan itu untuk sesuatu yang lebih berguna?? Memajukan IT negara kita (yg bobrok) ini misalnya?? :)...
Pasti banyak yang bertanya, mengapa sih orangg bikin virus??... Yaaa...alasannya cem-macem! Ada yang lagi sedih ditinggal pacarnya (ngasih tau ama pacarnya bhw dia masih cinta....GILA!! Bikin surat kok lewat virus), ada yang lagi sebel ama orang laen, ada yang cuma iseng, ada juga yang buat aktualisasi diri, dll. Btw, apapun alasannya saya ngerti kok (pernah berencana soalnya, hehe) :p
Masalahnya, kita sering ga sadar saat hal ini terjadi. Flashdisk itu kita bawa pulang, disambungkan ke komputer/laptop milik sendiri (atau punya org lain) , lalu (dg polosnya) file virus tersebut diklik, sehingga....tragedi itu pun dimulai! :)
Apa yang harus kita lakukan klo udh terinfeksi?? Ngg...banyak! Tergantung jenis virusnya. Ada yang taskmgr(Ctrl-Alt-Del) nya ga bisa, regedit jg ga bisa, ada yg folder option nya disembunyiin, muncul file2 yang ga biasanya, suka restart sendiri, sampai (yg paling serem)...ga bisa login.
Sebelum Kamu mengeluarkan kata-kata sakti "FORMAT ulang windows", alangkah lebih baiknya jika Kamu mencoba menanganinya sendiri telebih dahulu (kecuali jika Kamu punya banyak uang untuk menyewa orang untuk menyelamatkan data-data Kamu--saya pernah menemukan orang kaya' gini, soalnya :) ). Itung-itung nambah ilmu pengetahuan. Lagian, siapa lagi yg akan lebih ngerti tentang komputer Kamu kalo bukan Kamu sendiri. KENALI KOMPUTER KAMU!.........

Apa yang harus dilakukan jika komputer kita terinfeksi virus
  1. Jangan panik,usahakan jangan dibawa panik.Ini adalah peraturan yang baik.dan ini bisa menyelamatkan kamu dari kehilangan data penting.dan dari kestressan.
  2. Disconnect komputer kamu dari internet dan jaringan local(LAN), jika komputer kamu terkoneksi dalam sebuah jaringan.
  3. Jika virus telah menyebabkan komputer kamu tidak bisa booting(komputer menunjukkan pesan eror ketika di nyalakan) Cobalah booting dalam safe mode atau dengan cd emergency) Microsoft Windows yang telah kamu buat ketika kamu menginstal system operasi di komputer, atau cara lainya buka HDD mu dari casing PC dan pasang HDD mu (jadikan HDD mu sebagai HDD SLAVE bukan HDD MASTER) di PC lain (ctt : gunakan PC yg steril dari virus, & program antivirusnya udah ter-update paling baru)
  4. Sebelum melakukan yang lain-lain,back up lah data kamu,ke media penyimpanan yang dapat dipindahkan (Floppy/diskette,cd/dvd,Flash disk,dll).
  5. Installah program Antivirus, jika dikomputer kamu belum ada program anti virus
  6. Update modul program jika memungkinkan dapatkan updatenya dari komputer yang tidak terinfeksi virus, seperti dari komputer teman kamu atau dari Warnet / tempat bekerja. Ini sangat baik menggunakan komputer yang berbeda. Sejak kamu terhubung ke internet dengan komputer yang telah terinfeksi virus, itu merupakan kesempatan bagi virus untuk mengirimkan data penting kepada "setan" yang ada di depan monitor di seberang ujung jalan sana. Atau menyebarkan virus itu sendiri ke alamat email di address book program email client yang kamu pakai.
  7. Mulai lah melakukan full scan pada komputer kamu atau HDD mu menggunakan PC yang dijamin steril.
Efek Samping setelah scaning virus :
  1. Biasanya program antivirus akan mendelete semua file .exe yang sudah terinfeksi.
  2. Banyak program yang sudah pernah diinstal & terinfeksi tidak dapat berjalan dengan sempurna sebagaimestinya.
  3. Windows tidak bisa berjalan atau booting. Ini disebabkan karena file-file windows dan file pendukung lainya yang sudah terinfeksi didelete oleh antivirus.
Pesan dan Kesan :
  1. Selamatkan file yang masih bisa diambil, khususnya di drive C:  (jika PC mu msh bisa booting)
  2. Kalo mang windows kamu udah parah & ga bisa ditolong lagi, ya mau tidak mau kamu harus instal ulang & format tu HDD deh.
Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, selebihnya kamu bisa cari dan belajar sendiri dari pengalaman. Ini saya kas PR buat kamu-kamu yang pengen belajar tentang virus dan cara penyebarannya :
-          Kenapa PC mu bisa kena virus
-          Kapan PC mu mulai ada virus
-          Dari media apa PC mu terinfeksi
-          Virus jenis apa dan bagaimana ia menginfeksi PC mu
-          Siapa saja yang sering menggunakan PC mu (pribadi atau bersama)
-          Selanjutnya terserah kamu

No comments

Jangan lupa koment ya....!Tapi maaf sebelumnya, karena saya tidak menerima komentar dengan unsur SPAM, SARA, PROVOKASI, dan hal-hal yang mengancam kesatuan NKRI jadi komentarlah dengan komentar yang positif, dan bermanfaat bagi orang lain. Atas perhatiannya TERIMA KASIH.